PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI TERONG, ADONARA TIMUR KABUPATEN FLORES TIMUR

Authors

  • Siti Arafat Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/sajaratun.v8i2.3764

Abstract

Penggunaan smartphone dapat merugikan terhadap peningkatan mutu siswa terutama disekolah dasar, hal tersebut dipengaruhi penggunaan smartphone yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh smartphone terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Terong, Adonara Timur Kabupaten Flores Timur. Penelitian ini dilakukan di SDN Terong, Adonara Timur Kabupayen Flores Timur. Sampel yang digunakan adalah 84 siswa. Penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini memiliki tahapan: pengamatan lokasi penelitian, penyusunan kuesioner, distribusi kuesioner, pengujian validitas, pengumpulan data, pengolahanhasil penelitian, analisis hasil penelitian, dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh smartphone terhadap motivasi belajar siswa di SD meskipun berada dalam kategori rendah. Saran sebagai rekomendasi: siswa tidak menggunakan smartphone yang berlebihan baik di sekolah maupun di rumah. Orang tua dan guru selalu mengawasi anak-anak terutama menggunakan smartphone setiap hari karena efek smartphone pada motivasi belajar siswa sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Smartphone, Motivasi

References

Augusta, Garedina. 2018. “Skripsi: Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa melalui motivasi belajar Mahasiswa.” Universitas Sanata Dharma, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Yogyakarta.

Rahma, Afifah, Jonyanis. 2015. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Aktivitas Kehidupan Siswa (Studi Kasus MAN 1 Rengat),” dalam Jurnal Jom Fisip Vol. 2, No. 2 Oktober 2015.

Frafitasari, D. Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa D3 Kebidanan Semester 5 Di STIKES Surya Mitra Husada Kediri. Jurnal IMJ: Indonesian Midwifery Journal, 2(1), 60–71. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/imj/articl e/view/3053

Ardyansyah, S. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi Belajar Bagi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika ITN Malang. Jurnal Valtech, 2(2), 160–165. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech /article/view/1907

Augusta, G. 2018. Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Motivasi Belajar Studi kasus: Mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Akuntansi angkatan 2014 dan 2015, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma. Doctoral dissertation, Sanata Dharma University, (Online), (https://repository.usd.ac.id/17687/2/131334072_full.pdf , Diakses 11 Januari 2019)

Frafitasari, D. Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa D3 Kebidanan Semester 5 Di STIKES Surya Mitra Husada Kediri. Jurnal IMJ: Indonesian Midwifery Journal, 2(1), 60–71. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/imj/articl e/view/3053

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Arafat, S. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI TERONG, ADONARA TIMUR KABUPATEN FLORES TIMUR. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8(2), 150-158. https://doi.org/10.37478/sajaratun.v8i2.3764